Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Saturday, October 5, 2013

Saturday, October 5, 2013

Welcome to The Campuss

Welcome to The Campuss
---- WELCOME ----
 
Before you read more… Please say: “Good bye Putih abu-abu” …. 3x
And then… yuuk kita bernasyid ria
“Kini kamu … telah dewasa … tuk hadapi problema yang ada .. “ 

Apa yang terlukiskan di perasaan kamu-kamu yang dinyatakan lulus di Universitas Tanjungpura? Syukur? Bangga? Terharu? Lega? Atau mungkin bingung? Galau? Khawatir? Takut? dan perasaan lain yang semuanya bercampur aduk kayak gado-gado. Apapun itu, bersyukurlah kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan ke kamu-kamu untuk bisa kuliah. Banyak lho lulusan SMA/sederajat yang gak mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Mari sama-sama mengucapkan: alhamdulillaahirobbil’aalamiin.

Sekali lagi kami ucapkan “Selamat datang kepada Mahasiswa baru angkatan 2013 di Universitas Tanjungpura”.
Berbicara dunia kampus tentu tak ada habis-habisnya. It’s so complicated. Tulisan ini semoga mampu memahamkan kamu-kamu yang masih bingung. Menginformasikan hal-hal yang kamu gak tahu. Serta membantu kamu yang merasa asing menjadi akrab dengan dunia kampus. Setuju ya… ?!

Beberapa mahasiswa merasa berada di tempat yang salah. Kenapa? Karena program studi tempat ia kuliah tidak sesuai dengan hati nuraninya. Ketidakcocokan ini bisa disebabkan oleh berbagai factor. Bagi kamu-kamu yang merasa seperti ini, lakukanlah solat istikarah, diskusi dengan orang tua/keluarga, kalau bisa cari informasi sebanyak-banyaknya tentang program studimu dari senior atau teman. Kamu harus segera memutuskan, karena kamu akan menajalaninya beberapa tahun lamanya. Bagi kamu-kamu yang merasa pas dengan program studimu, bersyukur, bersemangat dan bersungguh-sungguhlah dalam belajar agar cetar membahana.

Bersiaplah menerima kenyataan. Bahwa dunia kampus tidak seperti yang sinetron2 tayangkan. Bisa lebih buruk, juga bisa lebih indah. Tergantung kamu menjalaninya. Bingung yaa? Hhhehehee. Kalau kata Pak Felix Y Siauw, Cinta bisa dimaknai sebagai potensi maksiat, juga bisa dimaknai sebagai potensi taat (kok malah nyambung ke Cinta?). Begitu juga dengan kuliah. Apakah kuliahmu ini berpotensi mendekatkan diri dengan Allah SWT atau malah sebaliknya. Kok bisa? Ya tentu saja ! Silahkan cari informasi tentang mahasiswa berprestasi dari sisi akademik atau non akademik, mahasiswa yang memenangkan berbagai kompetisi, serta mahasiswa yang berkontribusi terhadap masyarakat dan bangsanya. Silahkan cari juga informasi tentang mahasiswa yang malah sebaliknya. Tinggal kamunya saja, mau jadi mahasiswa yang seperti apa. Apakah jadi mahasiswa yang kesehariannya: kuliah-kantin-kos atau lebih dari itu?

Tahukah kamu? Duniamu kali ini sungguh berbeda dengan dunia sebelumnya. Dunia kampus menyediakan begitu luas ruang agar kamu berprestasi. Silahkan gali potensimu, temukan dan kembangkan! Silahkan temukan momentum itu. Maka bersiaplah, kamu “bukan mahasiswa biasa”.

Lalu, apa yang dapat kamu lakukan?

Pernahkah kamu mendengar sebuah hadits seperti ini: “Seseorang itu berada di atas agama/perangai temannya, maka hendaknya seseorang meneliti siapa yang dia jadikan temannya” (HR. Ahmad dan Abu Dawud, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah)”

Sahabat karibmu mempengaruhi dirimu. So, hati-hati dalam memilih sahabat karib. Di dunia kampus, kamu akan bertemu dengan berbagai macam rupa manusia (baca: teman), berbagai macam karakter. Serta pemikiran dan paradigma dari berbagai komunitas. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya: Silahkan gali potensimu, temukan dan kembangkan! Silahkan temukan momentum itu. Silahkan!! Asal bersama dengan komunitas yang baik. Sekali lagi: asal bersama komunitas yang baik. Agar sesuai dengan jalur kebenaran.
Dan silahkan temukan komunitas baik tersebut di DM 1.
SELAMAT BERJUANG MENJADI “BUKAN MAHASISWA BIASA”
# Salam Muslim negarawan
By:
Dita Meilina
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi Biologi Universitas Tanjungpura Angkatan 2011
IQRO's Magz Team

0 comments:

Post a Comment

About

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates